Total Tayangan Laman

Kamis, 09 Juni 2011

pengertian blog dan cara membuatnya

PENGERTIAN BLOG

               Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jhon Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.
Secara garis besar, Weblog dapat dirangkum sebagai kumpulan website pribadi yang memungkinkan para pembuatnya menampilkan berbagai jenis isi pada web dengan mudah, seperti karya tulis, kumpulan link internet, dokumen-dokumen(file-file WOrd,PDF,dll), gambar ataupun multimedia.
Para pembuat blog dinamakan Blogger. Melalui Blognya, kepribadian Blogger menjadi mudah dikenali berdasarkan topik apa yang disukai, apa tanggapan terhadap link-link yang di pilih dan isu-isu didalamnya. Oleh karena itu Blog bersifat sangat personal.
Perkembangan lain dari Blog yaitu ketika Blog memuat tulisan tentang apa yang seorang Blogger pikirkan, rasakan, hingga apa yang dia lakukan sehari-hari. Blog kemudian juga menjadi Diary Online yang berada di Internet. Satu-satunya hal yang membedakan Blog dari Diary atau Jurnal yang biasa kita miliki adalah bahwa Blog dibuat untuk dibaca orang lain.


SEJARAH BLOG

Blog pertama kemungkinan besar adalah halaman "What’s New" pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Kalau kita masih ingat, Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum Nestcape.
Kemudian pada Januari 1994 Justin Hall memulai website pribadinya "Justin’s Home Page" yang kemudian berubah menjadi "Links from the Underground" yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang.
Hingga pada tahun 1998, jumlah Blog yang ada masih sangat sedikit. Hal ini disebabkan karena saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang pembuatan website, HTML, dan web hosting untuk membuat Blog, sehingga hanya mereka yang berkecimpung di bidang Internet, System Administrator atau Web Designer yang kemudian pada waktu luangnya menciptakan Blog-Blog mereka sendiri.
Namun saat ini, kita tidak perlu menjadi seorang programmer untuk menjadi seorang Blogger, karena kita dapat menampilkan seluruh isi dalam web dengan mudah melalui menu editor yang telah disediakan.
Keuntungan dari penggunaan Weblog antara lain:
Melalui weblog, kita dapat memperluas hubungan teman/ kenalan hingga dapat membentuk suatu komunitas yang besar.
Weblog melebihi surat elektronik (Email), karena satu posting blog yang anda bahas, dapat dibaca oleh pengunjung blog yang tak terbatas. Beda dengan email yang hanya bisa dibaca oleh orang yang kita kirimkan. Selain itu, pengunjung blog juga dengan cepat dapat memberikan respon terhadap posting blog melalui komentar yang dapat langsung dituliskan di blog tersebut.
Seiring perkembangan weblog dari waktu ke waktu, pengertian weblog juga akan berkembang seiring dengan ide - ide dan kemauan para Blogger.

CARA MEMBUAT BLOG
Ada dua cara membuat blog yaitu dengan menggunakan WordPress atau Blogger


Membuat Blog dengan menggunakan WordPress


Bagaimana Cara Membuat bikin Blog gratisan di WordPress.Com
Oleh Agus Mustiko Sani
“Ok, ok saya buatin.” Begitu jawaban saya pada beberapa email yang meminta saya untuk memberi tutorial step by step cara membuat blog gratis di wordpress.com. Awalnya saya agak ogah-ogahan karena saya pikir sangat mudah. Tapi karena banyaknya permintaan dari kalangan yang mungkin betul-betul baru di dunia internet, maka tutorial ini saya dedikasikan khusus buat mereka– para calon blogger potensial. Semoga kehadiran mereka semakin menambah semarak dunia blogosphere Indonesia. Tutorial di bawah ini merupakan serial panduan membuat blog di wordpress.com bagi yang pemula (sekali). Insyaallah akan diteruskan pada tulisan-tulisan selanjutnya. Untuk seri tutorial blogger.com/blogspot, silahkan mulai dari sini.

1. Buka www.wordpress.com
2. Klik Sign Up
3. Isi form
a. Username: -> isi nama blog sesuai dengan keinginan (paling sedikit empat huruf/angka)
b. Password: Isi password/kata sandi (sedikitnya enam huruf/angka)
c. Confirm: Ulangi password yang sama dengan di atas.
d. Email Address: Isi email Anda (apabila belum punya email, buat dulu di gmail.com atau yahoomail.com)
e. Legal flotsam: beri tanda tik di kotak yang tersedia sebagai tanda “setuju” dengan perjanjian.
f. Beri tanda tik pada menu “Gimme a blog” (biasanya sudah otomatis ada tanda tik di sini).
g. Klik “Next”
h. Blog Title -> Isi judul yang sesuai.
i. Language -> Pilih Bahasa Indonesia.
j. Privacy -> Kasih tanda tik (biasanya sudah ada otomatis).
4. Klik Sign Up. Buka Email dari wordpress.com dan klik link di email tsb untuk verifikasi.
5. Akan muncul pesan sebagai berikut:
Your account is now active!
You are now logged in as (username Anda).
An email with your username, password, Akismet API key and important links has been sent to your email address.
Write a post, change your template or visit the homepage.
5. Itu berarti Anda sudah berhasil membuat blog. Silahkan login ke blog Anda. Berikut alamat penting untuk Anda:
a. Untuk login, buka: http://namabloganda.wordpress.com/wp-login.php
b. Isi username (=nama blog) dan password.
c. Klik “Write” atau “Tulis” untuk mulai membuat posting.
d. Klik “Publish” atau “Tampilkan”
6. Selesai (kalau mau udahan, jangan lupa klik “Log Out”).
Catatan:
Di wordpress.com, satu account bisa untuk membuat lebih dari satu blog. Ini sama dengan blogger.com/blogspot di mana satu account bisa untuk membuat beberapa blog.
Kelebihan wordpress.com dibanding blogger.com adalah (1) comment friendly: pengunjung mudah berkomentar karena kotak komentar langsung terbuka di bawah posting. Bagi Anda yang suka dikomentarin, wordpress cocok untuk Anda; (2) Posting terbaru akan muncul beberapa saat di Dashboard (Menu Utama) seluruh pemakai wordpress.com, apabila posting Anda cukup menarik Anda juga berkesempatan masuk BOTD (best of the day) yakni 10 posting terbaik hari itu dan akan muncul selama sehari di Menu Utama (Dashboard) seluruh pemakai wordpress.com. Untuk BOTD ini diklasifikasi berdasar bahasa. Pastikan Anda memilih Bahasa Indonesia pada saat mendaftar (lihat poin 3.i.)
Kekurangan wordpress.com dibanding blogger.com/blogspot adalah javascript tidak berfungsi (disabled) artinya Anda tidak bisa memasang iklan apapun–AdSense, Adbrite, dll–di wordpress.com. Tidak masalah buat blogger yang memang betul-betul ingin ngeblog saja, tanpa ada niat untuk iseng-iseng pasang iklan. Bagi yang ingin pasang iklan, dapat juga di blog gratis yang pakai software wordpress juga seperti blogsome.com, blogs.ie., . Sayangnya, kedua penyedia blog gratis ini masih memakai software wordpress lama (tak ada fasilitas widget, dan lain-lain). Ada juga blogdetik.com, dan dagdigdug.com milik orang Indonesia yang memakai mesin wordpress terbaru.


Membuat Blog dengan menggunakan Blogger
Saya akan menjelaskan bagaimana caranya membuat blog gratis. Asumsi yang saya gunakan adalah bagaimana caranya membuat blog pada situs Blogger milik Google yang gratis dapat kamu gunakan sebagai media untuk ngeBlog.
Langkah pertama kamu wajib memiliki keanggotaan di Google, langkah membuat keanggotaan di Google tidak akan saya jelaskan disini. Cara membuat blog pada Blogger adalah sangat mudah, silakan buka Blogger di alamat http://www.blogger.com.

Mengapa Blogger?
Alasan saya merekomendasikan Blogger adalah sebagai berikut:
1. Gratis, semua orang suka dengan yang berbau tidak berbayar alias tidak mengeluarkan sepeser-pun uang.
2. On The Fly, blog yang kamu bikin langsung akan jadi sesaat setelah kamu membuatnya tanpa menunggu lama.
3. Mendukung Bahasa Indonesia, sangat tepat bagi kita yang kurang menguasasi Bahasa Inggris.
4. Cepat dan Mudah, hanya dengan 3 langkah blog kamu sudah dapat langsung online di jagad Internet.
5. Banyak Tema, Blogger memiliki banyak sekali desain blog yang bisa langsung kamu gunakan sesuai dengan keinginan kamu.
6. Kaya Fitur, Blogger sangat kaya fasilitas pendukung aktivitas ngeBlog sepeti buku tamu, statistik pengunjung bahkan sesuai dengan tujuan kita adalah untuk mendayagunakan blog menjadi sumber penghasilan online.
Saran saya adalah langsung memasukkan E-Mail dan Password kamu pada bagian Form Login. Pada langkah ini kamu wajib telah memiliki keanggotaan di Google. Jika kamu ingin menggunakan e-mail lain silakan masukkan pada bagian yang diminta.
Sebuah account Google akan dapat digunakan diberbagai produk dan layanan Google lainnya seperti GMail, Google Talk, Google Earth, Google AdSense, Google AdWords, Google Webmaster Tools, Google Analytics, Picasa, Orkut dan masih banyak lainnya.
Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan adalah gunakan penamaan yang tepat yang mempresentasikan diri kamu secara benar. Jangan pernah membuat account Google dengan informasi palsu, samaran ataupun fiktif. Isilah form secara benar dan tidak perlu khawatir bahwa Google akan menyebarkan informasi pribadi kamu ke khalayak ramai, Google berjanji tidak akan berbagi informasi mengenai diri kamu kepada orang lain yang tidak berhak mengetahuinya.
Sebuah account Google dapat digunakan untuk membuat banyak blog, dengan kata lain cukup satu account pada Google dengan banyak halaman blog yang memiliki alamat penamaan berbeda.

Jika kamu sudah Login, lanjutkan dengan klik Ciptakan Sebuah Blog dan berikanlah nama untuk blog kamu. Pada bagian ini adalah yang sangat penting, jangan memilih nama yang asal, pilihlah penamaan yang mewakili dari isi blog kamu. Misalnya kamu mau ngeBlog mengenai pariwisata Indonesia, pilihlah nama dengan bijak. Jangan gunakan penamaan yang jauh dari apa isi blog kamu sebenarnya.

Hal Penting Penamaan
Jika kamu serius ingin ngeBlog tentang sesuatu yang berorientasi pada uang saran saya jangan gunakan nama kamu sebagai penamaan. Gunakanlah sebuah objek isi blog kamu. Dengan demikian kamu akan lebih mudah dikenali oleh pembaca bahwa blog kamu berisikan tentang sesuatu yang unik atau khusus. Alasan lain adalah dikarenakan kamu menggunakan sebuah layanan blog gratis yang telah memiliki penamaan yang dominan yaitu Blogger, dimana sudah digunakan oleh banyak orang untuk media blog. Alamat penamaan kamu akan menjadi sebuah subdomain dari domain utamanya yaitu blogspot.com.

Dalam contoh saya akan ciptakan sebuah blog yang berhubungan dengan hobi fotografi. Saya memasukkan “Hobi Fotografi” sebagai judul blog dan “fotografi” sebagai alamatnya. Oppss, ternyata alamat “fotografi.blogspot.com” telah digunakan orang lain. Jangan memaksa! kamu tidak dapat menggunakan alamat tersebut, lihatlah di bagian bawah Blogger merekomendasikan penamaan blog kamu. Saya memilih “hobifotografi.blogspot.com”.
Desain Blog
Selanjutnya adalah menentukan desain blog kamu inginnya seperti apa. Blogger telah membuat beberapa template atau tema yang bisa langsung dipilih. Belum cocok dengan pilihan yang ada? silakan pilih terlebih dahulu sebuah template, nantinya kita dapat mengubahnya.

Wow… selamat! kamu sudah memiliki sebuah blog dengan judul Hobi Fotografi beralamat di http://hobifotografi.blogspot.com. Mulailah NgeBlog saat ini juga, jika belum siap silakan kumpulkan terlebih dahulu bahan-bahan seperti foto, referensi tulisan, video dan lain sebagainya. Kapanpun kamu siap mulailah mengakses blog kamu pada alamat tersebut dengan cara menyimpannya menggunakan fasilitas Bookmark/Favorit pada Browser kesayangan kamu.

Pada tulisan lain saya akan menjelaskan lebih lanjut bagaimana cara mengatur beberapa hal yang penting untuk melengkapi tampilan blog kamu agar sesuai dengan keinginan.

credit : Agus M.Sani

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar